Bapak Camat Watukumpul (Umroni, S.H., M.H.) bersama dengan BAPPEDA Pemalang

Menurut Ki Hajar Dewantara (Bapak Pendidikan Nasional Indonesia) menjelaskan tentang pengertian pendidikan yaitu: Pendidikan yaitu tuntutan di dalam hidup tumbuhnya anak-anak, adapun maksudnya, pendidikan yaitu menuntun segala kekuatan kodrat yang ada pada anak-anak itu, agar mereka sebagai manusia dan sebagai anggota masyarakat dapatlah mencapai keselamatan dan kebahagiaan setinggi-tingginya.

Bermula adanya inovasi Desa Jojogan yang tumbuh karena adanya pendataan SDGs Desa Jojogan Tahun 2021, dari data tersebut terhimpun beberapa hasil subjek pendataan, baik jumlah penduduk berdasarkan Jenis Kelamin, Jumlah Kepala Keluarga dan salah satunya yang menjadi Perhatian Bapak Kepala Desa Jojogan (Irman Faozi) selain dari data tingkat kemiskinan yang mana Alhamdulillah Desa Jojogan bukan termasuk desa yang tergolong dalam “Kemiskinan Ekstrim” . Dari sekian banyak data yang didapatkan, tingkat Pendidikan Terakhir di Desa Jojogan mencapai 203 anak yang termasuk dalam kategori Pendidikan Rendah atau tidak mengikuti wajib belajar 12 tahun seperti yang di canangkan Program Pemerintah.

Dalam hal ini Bapak Kepala Desa Jojogan memerintahkan langsung untuk adanya penyisiran data lebih konkrit berkaitan dengan adanya data yang terhimpun bahwa banyak anak-anak bangsa yang di desa kami membutuhkan pendidikan yang layak, kebanyakan alasan mereka tidak melanjutkan sebagian besar karena terhimpit ekonomi yang tidak mencukupi, ada juga karena menikah, ada juga yang puas dengan pendidikan terakhir saat ini. Ekonomi yang tidak memadai merupakan indikator terbanyak alasan anak-anak tidak bisa melanjutkan pendidikannya.

Kami Pemerintah Desa Jojogan dipimpin langsung Bapak Kepala Desa (Irman Faozi) mencoba untuk mewujudkan wajib belajar 12 tahun untuk anak-anak kami di Desa Jojogan, memulai langkah dengan membuat sebuah konten youtube yang mana menggambarkan bagaimana pendidikan di desa kami, kemudian konten tersebut kami tayangkan di depan Bapak Bupati dan Bapak Wakil Bupati Pemalang dalam acara, NgabuburIT di Desa Kandang waktu lalu, Alhamdulillah mendapat respon langsung dari Bapak Bupati dan Bapak Wakil Bupati Pemalang. Dukungan dari Pemerintah Kabupaten Pemalang menambah bubu semangat kami untuk menuntaskan pendidikan yang layak bagi anak-anak kami melalui Program “Njuh Sekolah Maning”.

Kami berharap selalu adanya program ini bisa meningkatkan IPM (Indek Pembangunan Manusia) di Desa Jojogan pada khususnya, di Kabupaten Pemalang pada umumnya, dan kami berharap adanya benih program ini bisa berkembang pesat di desa-desa Kabupaten Pemalang. Amin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.