Penyerapan BLT DD dengan tetap mematuhi protokol kesehatan

JOJOGAN-Watukumpul, Bantuan langsung tunai atau sering disingkat BLT yang bersumber dari APBDes pada pagu anggaran Dana Desa tahun 2020 Desa Jojogan Kecamatan Watulumpul Kabupaten Pemalang telah usai hingga salur yang ke sembilan yang dilaksanakan pada tanggal 22 Desember Tahun 2020 di Pendopo Balai Desa Jojogan.

Akibat dampak pandemi Corona Virus Disease (COVID) 19 yang mengakibatkan kelumpuhan di berbagai sektor terutama pada sektor ekonomi masyarakat, proses transaksi yang melambat karena masuknya barang produksi ke suatu tempat, serta pembatasan yang aktivitas yang menjadikan melemahnya perputaran ekonomi dimasyarakat.

Desa Jojogan yang mayoritas adalah produksi pengolahan kain atau konveksi sering kali kesulitan dalam proses pengiriman barang konveksi maupun ketersediaan bahan kain yang notabene dari ibu kota.

Dari dampak adanya pandemi ini pemerintah menyalurkan bantuan yang diharapkan dapat meringankan masyarakat yang terdampak COVID-19 ini melalui bantuan yang di sampaikan langsung oleh sektor terbawah pemerintahan yaitu pemerintah desa.

Dari pagu anggaran APBDes Jojogan tahun 2020 yang telah mengalami perubahan hingga 3 kali, BLT DD yang tersalurkan sudah mencapai 100% resapannya, total yang di serap dari Kode Rekening Penanggulangan Bencana belanja tak terduga sebesar Rp. 448.200.000 (empat ratus empat puluh delapan juta dua ratus ribu rupiah) untuk 156 KPM (keluarga penerima manfaat) pada tahap 1 dan dan tahap 2, 30 KPM pada tahap 3.

Dari keseluruhan Pagu Dana Desa yang tertera di APBDes 2020 kurang lebihnya 30% dari pagu Dana Desa Pemerintah Desa Jojogan telah menyerapkan 100%, dan kemudian yang nantinya akan berlanjut di APBDes 2021 pada rancangan Rencana Kerja Pemerintah Desa Jojogan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.