Pohon memiliki peranan penting dalam kehidupan manusia. Akan tetapi, banyak manusia yang kurang peduli akan manfaat keberadaan pohon itu sendiri. Berikut adalah beberapa manfaat yang diperoleh dari menanam pohon:

  • Pohon dapat menghasilkan Oksigen yang sangat diperlukan oleh manusia dan dapat menyerap Karbondioksida yaitu udara hasil pembuangan sisa pembakaran. Oleh karena itu, pohon sangat bermanfaat sekali bagi kehidupan manusia.
  • Pohon dapat memberikan perlindungan, misalnya perlindungan dari terik sinar matahari, angin kencang, dan sebagai peredam suara.
  • Lingkungan yang baik adalah lingkungan ¬†yang yang seimbang antara struktur buatan manusia dan struktur alam. Kelompok pohon atau tanaman, air, dan binatang adalah bagian dari alam yang dapat memberikan keseimbangan lingkungan
  • Sebagai tempat hidup binatang. Di lingkungan yang banyak pohonnya, satwa akan hidup dengan tenang.
  • Pohon dapat menurunkan suhu setempat sehingga udara sekitarnya akan terasa sejuk..
  • Pohon atau tanaman pada dasarnya akan menyerap air hujan. Oleh karena itu, dengan adanya banyak pohon pada suatu tempat akan menjadikannya sebagai daerah resapan atau tempat persediaan air tanah.
  • Akar pohon dan tanah merupakan suatu kesatuan yang kuat sehingga mampu mencegah erosi atau pengikisan tanah.
  • Pohon dapat menciptakan keindahan dan suasana yang nyaman. Suatu bangunan tanpa diimbangi dengan pohon akan terlihat gersang, sebaliknya jika ditanami pohon akan terlihat hijau, indah, dan asri.

Banyak manfaat yang diperoleh dari pohon seperti yang tercantum di atas. Lahan tanah yang sempit atau bahkan tidak punya lahan tanah bukan suatu alasan untuk tidak menanam pohon. Jika itu alasannya, kita bisa menggunakan pot dengan teknik hidroponik untuk menanam pohon. Setidaknya, masih ada beberapa manfaat yang kita peroleh. Jadi, apakah masih ada yang malas untuk menanam pohon? Menanam pohon tidak hanya untuk kita, tetapi untuk anak cucu kita juga nantinya.

Kemarin tepatnya hari minggu, 26 November 2017 Masyarakat Desa Jojogan bersama dengan KArang Taruna Desa Jojogan (Tunas Bangsa) dan juga bersama organisasi pecinta alam desa jojogan (KAPELA) mengadakan penanaman pohon untuk sumber air dengan tajuk tema “Hutanku, Sumber Airku” yang dihadiri oleh Bapak Camat Watukumpul dan Denramil Kecamatan Watukumpul.

Sebanyak kurang lebih 500 Pohon ditanam di lereng gunung Banowati dengan disaksikan oleh Pemerintah Desa dan Kecamatan, peserta juga tidak hanya dari Desa Jojogan, melainkan dari berbagai desa setempat.

diharapkan acara seperti ini dapat berlangsung terus-menerus dan dihimbau kepada masyarakat untuk saling menjaga hutan kita untuk nafas kita (Umroni, S.H., M.H) selaku Camat Kecamatan Watukumpul. kemudian dilanjutkan oleh dukungan Kepala Desa Jojogan yang menyarankan kepada masyarakat desa Jojogan untuk saling berkerja sama dalam hal penjagaan hutan lindung untuk kepentingan bersama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *