GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat) adalah suatu tindakan sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup. Pelaksanaan GERMAS harus dimulai dari keluarga, karena keluarga adalah bagian terkecil dari masyarakat yang membentuk kepribadian, mulai dari proses pembelajaran hingga menuju kemandirian (DEPKES RI).

Kabupaten Pemalang sebagai bukti turut ikut serta dalam melaksanakan program pemerintah dalam bidang berprilaku hidup sehat, mengadakan lomba dalam tema GERMAS di Dinas Kesehatan Kabupaten Banyumas, dalam hal ini Desa Jojogan adalah salah satu peserta dalam lomba tersebut. Bersama Kepala Desa Jojogan yang mendampingi masyarakat yang mewakili untuk ikut serta dalam lomba GERMAS tersebut.

“Sehat Diawali Dari Saya”, Merupakan simbol dalam memulai perilaku hidup sehat, dengan mengikut sertanya masyarakat agar bertujuan untuk memulai kehidupan yang sehat dengan diawali dari diri mereka sendiri.

GERMAS meliputi kegiatan: Melakukan aktifitas fisik, Mengonsumsi sayur dan buah, Tidak merokok, Tidak mengonsumsi alkohol, Memeriksa kesehatan secara rutin, Membersihkan lingkungan, dan Menggunakan jamban. Pada tahap awal, GERMAS secara nasional dimulai dengan berfokus pada tiga kegiatan, yaitu: 1) Melakukan aktivitas fisik 30 menit per hari, 2) Mengonsumsi buah dan sayur; dan 3) Memeriksakan kesehatan secara rutin minimal 6 bulan sekali sebagai upaya deteksi dini penyakit.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.